PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA

Prasetyoningrum, Ferida Dwi and Mahmudi, Ali (2017) PENGARUH STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
1 PRA BAB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas strategi metakognitif dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta, (2) apakah terdapat perbedaan signifikan dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) pengaruh strategi metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Yogyakarta yang terdiri dari 7 kelas. Sampel diperoleh secara acak, kelas VIII F sebagai kelas eksperimen yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang melaksanakan pembelajaran matematika dengan strategi ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah tes kemamampuan pemecahan masalah matematis dan non-tes berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh para ahli (expert judgment) dengan hasil layak digunakan dengan revisi dan validitas konstruk. Metode pengujian hipotesis menggunakan one sample t-test dan independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa (1) strategi metakognitif efektif digunakan dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta, (2) terdapat perbedaan signifikan dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran matematika dengan strategi metakognitif dan yang mengikuti pembelajaran dengan strategi ekspositori, (3) strategi metakognitif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta. Kata kunci: strategi metakognitif, strategi ekspositori, kemampuan pemecahan masalah matematis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 May 2017 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 14:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49206

Actions (login required)

View Item View Item