Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMK Kesehatan Bina Tama Yogyakarta 2016/2017 dengan Menggunakan Model CIPP

Akhmad Nang, Laksono (2017) Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMK Kesehatan Bina Tama Yogyakarta 2016/2017 dengan Menggunakan Model CIPP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK KESE.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran pendidikan jasmani di SMK Kesehatan Bina Tama Yogyakarta 2016/2017, yang meliputi: (1) Konteks: relevansi materi pembelajaran pendidikan jasmani dengan KTSP; (2) Input: latar belakang guru dan sarana dan prasaran pendidikan jasmani; (3) Proses: pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani; dan (4) Produk: Prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi 2 guru pendidikan jasmani dan 78 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK Kesehatan Bina Tama Yogyakarta pada tanggal 20 Februari sampai 25 Maret 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Validitas instrumen penelitian dilakukan menggunakan expert judgement. Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil evaluasi Konteks, materi pembelajaran yang digunakan telah relevan dengan KTSP, namun ada beberapa kebijakan dari guru terkait keterbatasan sekolah; (2) hasil evaluasi input menunjukkan latar belakang pendidikan guru pengampu adalah Sarjana Pendidikan (S1) jurusan Pendidikan Olahraga dengan pengalaman mengajar 5 tahun dan setahun, sedangkan kesesuaian sarana dan prasarana penjas menunjukkan tingkat kesesuaian sebesar 69, 23% termasuk kategori baik; (3) hasil evaluasi proses yang meliputi pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dalam kategori baik; (4) evaluasi produk yaitu prestasi belajar peserta didik dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program pembelajaran, pendidikan jasmani, model CIPP
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2017 01:37
Last Modified: 17 May 2017 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49192

Actions (login required)

View Item View Item