PENGARUH WEIGHT TRAINNING DAN BODY WEIGHT TRAINING TERHADAP PENURUNAN KADAR LEMAK TUBUH MEMBER LAKI-LAKI DI JAMBULUWUK FITNES CENTER

Dhedhy, Purwantoro (2017) PENGARUH WEIGHT TRAINNING DAN BODY WEIGHT TRAINING TERHADAP PENURUNAN KADAR LEMAK TUBUH MEMBER LAKI-LAKI DI JAMBULUWUK FITNES CENTER. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Dhedhy Purwantoro_13603141006.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh weight training terhadap penurunan kadar lemak tubuh member laki-laki fitness center Jambuluwuk, (2) mengetahui pengaruh body weight training terhadap penurunan kadar lemak tubuh member laki-laki fitness center Jambuluwuk, dan (3) perbedaan pengaruh pengaruh antara metode latihan antara weight training dan body weight training terhadap penurunan kadar lemak tubuh member laki-laki fitness center Jambuluwuk Yogyakarta. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu two group pretest-posttest. Populasi yang digunakan adalah member laki-laki yang aktif latihan di Jambuluwuk fitness center dengan tujuan program penurunan lemak tubuh dengan jumlah 16 orang. Pembagian kelompok dalam penelitian ini dengan cara ordinal pairing. Untuk kelompok I latihan menggunakan metode weight training dan kelompok II menggunakan metode body weight training. Analisis data menggunakan uji t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat Pengaruh yang signifikan dari weight training terhadap penurunan kadar lemak tubuh member laki-laki fitness center Jambuluwuk, dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,000), (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dari body weight training terhadap penurunan kadar lemak member laki-laki fitness center Jambuluwuk, dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,000), dan (3) Berdasarkan perbedaan rata-rata (mean df), terdapat penurunan kadar lemak antara kelompok weight training (6,50) dan body weight training (2,75) dengan nilai p (sig) sebesar 0,000 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa weight training lebih berpengaruh menurunkan kadar lemak tubuh dibanding body weight training.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: weight training, body weight training, penurunan kadar lemak
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2017 01:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49190

Actions (login required)

View Item View Item