MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR NELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK GUNUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA

Rita, Nurhayati (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR NELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK GUNUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_RITA NURHAYATI_12111241009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisional engklek gunung pada anak kelompok B TK PKK Minggiran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK PKK Minggiran Yogyakarta dengan jumlah 18 anak yaitu 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua 2 siklusdengan setiap siklusnya terdapat 3 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat melalui permainan tradisional engklek gunung. Yakni kemampuan motorik kasar anak sebelum diadakan tindakan dengan kriteria baik terdapat 7 anak (38,9%). Pada siklus I peneliti memperkenalkan permainan tradisional engklek gunung terlebih dahulu kepada anak, kemudian memberikan contoh cara bermain engklek gunung dengan benar kepada anak, sehingga anak dapat memahami kegiatan pembelajaran meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan tradisiona engklek gunung tersebut. Pada siklus II pelaksanaan tindakan dilakukan berdasarkan pada pemecahan permasalahan-permasalahan yang muncul pada siklus I yaitu peneliti memberi pengawasan khusus pada anak, peneliti sering memberikan reward pada anak agar anak termotivasi dan semangat. Pada siklus II permainan engklek gunung dibuat semacam unjuk kebolehan agar anak lebih tertantang dan semangat dalam bermain. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan yang terlihat pada siklus I kemampuan motorik kasar anak yang mendapat kriteria baik terdapat 11 anak (61,1%), dan pada siklus II kemampuan motorik kasar anak meningkat sangat baik yaitu 89% atau sebanyak 16 anak yang mendapat kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan tradisional engklek gunung dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B TK PKK Minggiran Yogyakarta. Kata Kunci: motorik kasar, permainan tradisional “engklek gunung”

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 15 May 2017 06:32
Last Modified: 30 Jan 2019 14:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49188

Actions (login required)

View Item View Item