PERAN GURU PENJAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN

Ary, Setyaningsih (2017) PERAN GURU PENJAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARY SETYANINGSIH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya perilaku yang tidak sesuai dengan nilai karakter di wilayah kabupaten Klaten. Perilaku tersebut seperti mencuri, membolos, minum-minuman keras, merokok, pemerkosaan, bertindak kriminal, dan berbicara kasar kepada orang yang lebih tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subjek dalam uji coba penelitian 13 guru di Kabupaten Klaten. Subjek penelitian ini berjumlah 30 guru penjas dari 30 sekolah. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 37 butir dari 45 pertanyaan. Uji reliabilitas sebesar 0,973 sehingga instrument tersebut reliabel. Hasil penelitian memiliki persentase dari masing-masing kategori, yaitu kategori sangat tinggi sebesar 6,66% atau sebanyak 2 responden, kategori tinggi sebesar 30% atau sebanyak 9 responden, kategori sedang sebesar 30% atau sebanyak 9 responden, kategori rendah sebesar 26,66% atau sebanyak 8 responden dan kategori sangat rendah sebesar 6,66% atau sebanyak 2 responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran, guru penjas, pendidikan karakter
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2017 01:35
Last Modified: 30 Jan 2019 14:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49183

Actions (login required)

View Item View Item