PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Fiqih Ilham, Pambudi (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF UNTUK ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.Fiqih Ilham Pambudi.13601241042. PJKR UNY.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan jasmani adaptif penting bagi anak autis. Akan tetapi proses pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta hanya dilakukan oleh satu guru pendidikan jasmani sedangkan jumlah kelas dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA sangatlah banyak. Terlebih Lagi proses pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani hanya dibantu oleh guru kelas yang bukan dari bidang pendidikan jasmani. Ketidaksesuaian RPP dengan pembelajaran yang dilakukan juga mengharuskan guru pendidikan jasmani menjadi lebih kreatif dalam memberikan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif anak autis di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan langkah reduction, data display, dan conclusion drawing (verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta sudah sesuai dengan tujuan pendidikan jasmani adaptif yaitu meningkatkan kualitas kognitif dan kemandirian siswa autis melalui aktivitas perkembangan motorik anak. Kegiatan pembelajaran telah mencakup sebagian besar kebutuhan siswa meskipun guru harus bekerja lebih keras dikarenakan jumlah siswa yang banyak. Proses pendampingan siswa autis dalam pembelajaran juga dilakukan oleh guru pendidikan jasmani yang bekerjasama dengan guru kelas agar tercipta suasana yang kondusif selama pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: siswa autis, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 May 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49166

Actions (login required)

View Item View Item