Karakter Siswa yang Tinggal di Pesantren (Mukim) dan di Rumah (Laju) pada Proses Pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Depok, Kabupaten Sleman

Restianingsih, Paring (2017) Karakter Siswa yang Tinggal di Pesantren (Mukim) dan di Rumah (Laju) pada Proses Pembelajaran IPS di SMP Diponegoro Depok, Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-paring-restianingsih-14705251043.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) karakter (disiplin, jujur, dan mandiri) siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan di rumah (laju); (2) perbedaan karakter (disiplin, jujur, dan mandiri) siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan di rumah (laju); (3) karakter (disiplin, jujur, dan mandiri) siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan di rumah (laju) pada proses pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif komparatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran dengan strategi concurrent triangulation strategy. Populasi penelitian ini adalah 121 siswa kelas VIII SMP Diponegoro Depok, Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Data kuantitatif diperoleh dengan angket, dan data kualitatif diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha (α). Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik beda rata-rata Independent T-test dan teknik analisis data kualitatif bersifat induktif dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Siswa SMP Diponegoro, baik yang tinggal di pesantren (mukim) maupun di rumah (laju), secara keseluruhan karakter disiplinnya dalam kategori rendah dengan presentase kecenderungan skor sebesar 49,6%, dan karakter jujur dan mandirinya dalam kategori sedang dengan presentase kecenderungan skor sebesar 38,8% dan 40,5%. (2) Tidak terdapat perbedaan karakter siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan di rumah (laju), dengan nilai signifikan pada variabel disiplin sebesar 0,285 (>0,05), variabel jujur sebesar 0,987 (>0,05), dan variabel mandiri sebesar 0,613 (>0,05), maka Ho diterima. Ada perbedaan nilai rata-rata pada setiap nilai karakter di antara kedua kelompok siswa. Nilai karakter disiplin siswa yang tinggal di pesantren (mukim) sebesar 27,13 sedangkan nilai karakter siswa yang tinggal di rumah (laju) sebesar 26,31, nilai karakter jujur siswa yang tinggal di pesantren (mukim) sebesar 13,70 sedangkan siswa yang tinggal di rumah (laju) sebesar 13,68, dan nilai karakter mandiri siswa yang tinggal di pesantren (mukim) sebesar 17,74 sedangkan siswa yang tinggal di rumah (laju) sebesar 17,33. (3) Tidak terdapat perbedaan karakter siswa yang tinggal di pesantren (mukim) dan di rumah (laju) pada proses pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2017 03:41
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49160

Actions (login required)

View Item View Item