Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Hasil Belajar dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas X dalam Pembelajaran PKn

Elviana, Premita Sari Octa (2017) Pengaruh Metode Sosiodrama terhadap Hasil Belajar dan Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas X dalam Pembelajaran PKn. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-premita-sari-octa-elviana-15730251007.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar ranah kognitif dan sikap tanggung jawab di SMA Negeri 8 Kota Kediri Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kompetensi dasar menganalisis upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan Hak Asasi Manusia di kelas X tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar ranah kognitif dan sikap tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Teknik pengumpulan data hasil belajar adalah tes dengan menggunakan soal pilihan ganda, sedangkan data sikap tanggung jawab menggunakan teknik angket penilaian diri dan teman sebaya. Data dianalisis menggunakan uji t dua sampel tidak berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama dengan naskah ditulis guru terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas X dalam pembelajaran PKn; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama dengan naskah ditulis peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas X dalam pembelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan karena pada kelompok eksperimen b kegiatan belajar mandiri dan kelompok berkembang lebih baik daripada kelompok eksperimen a; (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama dengan naskah ditulis guru terhadap sikap tanggung jawab peserta didik pada kelas X dalam pembelajaran PKn; (4) Terdapat pengaruh yang signifikan metode sosiodrama dengan naskah ditulis peserta didik terhadap sikap tanggung jawab peserta didik pada kelas X dalam pembelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan karena kelompok eksperimen b membuat naskah drama sendiri, mampu menghayati karakter tokoh yang dimainkan sehingga mampu bertanggung jawab untuk bermain drama dengan baik. Selain itu peserta didik bertanggung jawab untuk mengamati setiap drama yang dimainkan agar mampu memberikan pemecahan masalah. Kegiatan tersebut yang tidak terjadi pada kelompok eksperimen a; (5) Metode sosiodrama dengan naskah ditulis peserta didik lebih efektif daripada metode sosiodrama dengan naskah ditulis guru terhadap hasil belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik pada kelas X dalam pembelajaran PKn. Hal tersebut disebabkan karena kelompok eksperimen b membangun pengetahuan secara mandiri dan banyak melakukan kegiatan belajar kelompok. Kegiatan tersebut tidak terjadi pada kelompok eksperimen a.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 12 May 2017 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49158

Actions (login required)

View Item View Item