Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi Untuk Siswa Kelas XI SMA

Putri, Dian Puspita Eka (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi Untuk Siswa Kelas XI SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-puspita-eka-putri-15707251026.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik produk multimedia pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan prinsip Mayer yang layak untuk materi laju reaksi (2) menguji keefektifan produk multimedia pembelajaran interaktif kimia dalam meningkatkan capaian hasil belajar kognitif siswa pada materi laju reaksi Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Yogyakarta dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (R&D) dari model Alessi and Trollip yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) desain, dan (3) pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh tiga orang ahli materi dan tiga orang ahli media. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini adalah 3 ahli media dan 3 ahli materi pada uji alpha, 1 guru kimia dan 5 orang siswa kelas XI IPA pada uji beta dan 30 siswa kelas XI IPA 3 SMAN 9 Yogyakarta pada uji validitas keefektifan produk. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan perhitungan statistik Hasil penelitian menunjukkan: (1) produk yang dihasilkan dinilai sangat layak berdasarkan penilaian para ahli dan subjek uji coba, (2) produk memiliki kharakteristik dapat memvisualisasikan konsep laju reaksi yang bersifat abstrak menjadi lebih kongkrit, tersusun atas beberapa jenis media yang aktifitas penggunaannya dapat dikontrol secara mandiri oleh siswa, dapat memenuhi perbedaan kecepatan belajar siswa dalam memahami materi laju reaksi dan produk dikemas dalam bentuk software aplikasi yang dapat diinstal pada smartphone android yang sering digunakan oleh siswa, sehingga pembelajaran dengan produk yang dihasilkan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja; (3) produk terbukti efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar kognitif pada materi laju reaksi, terbukti sebesar 100% siswa mencapai hasil belajar lebih besar dari pada nilai KKM, dengan rata-rata hasil belajar 84,69 dan dari uji statistik diketahui bahwa penggunaan produk signifikan dalam meningkatkan capaian hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,710>5%. Sehingga multimedia pembelajaran interaktif kimia berbasis android menggunakan prinsip Mayer layak dan efektif dalam meningkatkan capaian hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Prinsip Mayer, Laju Reaksi, Capaian Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 May 2017 02:54
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49156

Actions (login required)

View Item View Item