PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS 8

PUTRIANI, DEARY and Waryanto, Nur Hadi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID DENGAN PROGRAM CONSTRUCT 2 PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SISWA SMP KELAS 8. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
Prabab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Video
Media Matematika.apk
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan software Construct 2 pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP kelas 8 yang berkualitas. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), produksi (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Angket yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli materi, angket penilaian kualitas media pembelajaran oleh ahli media, angket penilaian media oleh guru, angket respon guru dan siswa, serta hasil tes belajar siswa. Berdasarkan hasil penilaian media oleh ahli, media pembelajaran layak diimplementasikan dengan perbaikan. Penilaian media pembelajaran oleh ahli, diperoleh skor rata-rata keseluruhan 3,89 dengan kriteria baik, dan penilaian media oleh guru didapatkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 4,8 dengan kriteria sangat baik sehingga media pembelajaran tersebut telah memenuhi aspek kevalidan. Implementasi dilakukan kepada 25 siswa kelas 8 B SMP Negeri 2 Madiun. Dari hasil angket respon siswa dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memenuhi aspek kepraktisan dan didapatkan hasil respon siswa dengan skor rata-rata 4,14 yang termasuk dalam kriteria baik. Respon siswa ditinjau dari aspek kesenangan adalah 4,32 dengan kriteria sangat baik, aspek motivasi adalah 4,02 dengan kriteria baik, aspek kemudahan adalah 4,08 dengan kriteria baik, dan aspek ketertarikan adalah 4,14 dengan kriteria baiK dan hasil tes belajar siswa menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 82,6 % sehingga media pembelajaran memenuhi aspek keefektifan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kualitas dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kata Kunci: media pembelajaran matematika, construct 2, bangun ruang sisi datar, android.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 May 2017 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49145

Actions (login required)

View Item View Item