Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1Pacet Kabupaten Mojokerto

Kurniawan, Moh. Wahyu (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1Pacet Kabupaten Mojokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-moh-wahyu-kurniawan-15730251023.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar PPKn, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar PPKn, (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn, dan (4) mengetahui keefektifan antara model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran inquiri, dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pacet Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2016/2017 kelas X semester satu. Desain penelitian berupa Pretest-posttest control group design. Subjek penelitian/responden terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 33 orang kelas eksperimen 1, 34 orang kelas eksperimen 2, dan 31 kelas kontrol, sehingga total populasi berjumlah 98 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar PPKn dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji anova dan manova dengan taraf signifikansi 5% atau 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 10,933 lebih besar dari 3,09; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 32,737 lebih besar dari 3,09; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan hasil signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05); dan (4) terdapat model yang paling efektif dalam pembelajaran PPKn yaitu model pembelajaran berbasis masalah ditujukkan dengan hasil gain score motivasi belajar sebesar 0.35 dalam kategori sedang dan didukung hasil gain score pada hasil belajar siswa sebesar 0.37 dalam kategori sedang, sedangkan model pembelajaran inquiri dan model konvensional masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 10:03
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49139

Actions (login required)

View Item View Item