Pengaruh Latihan Imagery dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Smash pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang

Nugroho, Sakti Agung (2017) Pengaruh Latihan Imagery dan Konsentrasi terhadap Ketepatan Smash pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sakti-agung-nugroho-15711251071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan pengaruh metode latihan internal imagery dan metode latihan external imagery terhadap ketepatan smash; (2) perbedaan pengaruh pemain yang mempunyai konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap ketepatan smash; dan (3) interaksi antara metode latihan imagery (internal imagery dan metode latihan external imagery) dan konsentrasi (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah Salaman. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian 20 peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah Salaman, yang diambil dengan teknik random dari jumlah populasi 37 pemain. Instrumen untuk mengukur konsentrasi adalah Grid Concentration Test. Grid Concentration Test.Instrumen untuk mengukur ketepatan smash adalah Laveage yang telah dimodifikasi oleh Tim Peneliti Dosen FIK UNY. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan internal imagery dan metode latihan external imagery terhadap ketepatan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah Salaman, yang terbukti dari nilai F = 5,143 dan nilai p = 0,038 < 0,05. Metode latihan internal imagery lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan metode latihan external imagery dengan selisih rata-rata posttest sebesar 1,2. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan pemain yang mempunyai konsentrasi tinggi dan konsentrasi rendah terhadap ketepatan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah Salaman, yang terbukti dari nilai F = 28,000 dan nilai p = 0,000 < 0,05. Pemain yang memiliki konsentrasi tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan pemain yang memiliki konsentrasi rendah dengan selisih nilai rata-rata sebesar 2,8. (3) Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan imagery (internal imagery dan metode latihan external imagery) dan konsentrasi (tinggi dan rendah) terhadap ketepatan smash pada peserta ekstrakurikuler bola voli di SMK Muhammadiyah Salaman, yang terbukti dari nilai F = 175,00 dan nilai p = 0,000< 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: bola voli
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 09:58
Last Modified: 11 Jan 2022 06:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49138

Actions (login required)

View Item View Item