Pengaruh Circulo Massage, Contrasbath, dan Nadi Pemulihan Terhadap Penurunan Asam Laktat Atlet Pencak Silat Setelah Bertanding

Rohmawati, Miftahul (2017) Pengaruh Circulo Massage, Contrasbath, dan Nadi Pemulihan Terhadap Penurunan Asam Laktat Atlet Pencak Silat Setelah Bertanding. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-miftahul-rohmawati-15711251087.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara jenis circulo massage dan contrasbath, setelah bertanding terhadap penurunan kadar asam laktat, (2) perbedaan penurunan kadar asam laktat antara atlet yang memiliki nadi pemulihan tinggi dan rendah, setelah bertanding, dan (3) interaksi antara jenis terapi dan kategori nadi pemulihan terhadap penurunan kadar asam laktat. Penelitian dilaksanakan di GOR UPN Yogyakarta selama 2 hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah atlet pencak silat POPWIL III DIY yang mempunyai kategori nadi pemulihan tinggi dan rendah. Sampel penelitian berjumlah 24 atlet yang diambil dengan teknik random saampling. Variabel penelitian ini melibatkan tiga variabel, yaitu variabel independen, variabel atributif dan variabel dependen. Rinciannya sebagai berikut: 1) variabel independen yaitu circulo massage dan contrasbath, 2) variabel atributif yaitu nadi pemulihan tinggi dan rendah, 3) variabel dependen yaitu penurunan kadar asam laktat. Pengambilan data kadar asam laktat dengan menggunakan accu-check lactid acid. Pengambilan data denyut nadi dengan menggunakan stopwatch. Mengukur suhu air dengan menggunakan thermometer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ANAVA dua jalur dengan bantuan aplikasi computer menggunakan seri program SPSS for window versi 16 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara jenis circulo massage dan contrasbath, setelah bertanding terhadap penurunan kadar asam laktat, (Sig =0.019 < 0.05) dimana jenis circulo massage memiliki penurunan kadar asam laktat yang lebih besar daripada contrasbath. (2) ada perbedaan penurunan kadar asam laktat yang signifikan antara atlet yang memiliki nadi pemulihan tinggi dan rendah, (Sig =0.043 < 0.05) dimana atlet yang memiliki nadi pemulihan tinggi memiliki penurunan kadar asam laktat yang lebih besar daripada atlet yang memiliki nadi pemulihan rendah. (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara jenis terapi dan kategori nadi pemulihan terhadap penurunan kadar asam laktat, atlet pencak silat POPWIL III DIY, (Sig =0.690 > 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesehatan, olahraga
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 09:46
Last Modified: 12 Jan 2022 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49137

Actions (login required)

View Item View Item