Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Laju Reaksi

Rahmah, Ihda Nur (2017) Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Terintegrasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Laju Reaksi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ihda-nur-rahmah-15728251017.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan: (1) pengaruh penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir terintegrasi dan kemandirian belajar peserta didik; (2) perbedaan antara kemandirian belajar peserta didik awal dan akhir dengan menggunakan model PBL; (3) perbedaan antara kemandirian belajar peserta didik awal dan akhir dengan menggunakan model DI; dan (4) kualitas pembelajaran dengan menggunakan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian posttest-only control design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kasihan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kasihan yang berjumlah 168 orang. Sampel penelitian yang ditentukan secara acak adalah dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model PBL dan kelas kontrol menggunakan model DI. Jumlah peserta didik kelas eksperimen adalah 30 dan kelas kontrol 31 peserta didik. Pengumpulan data meggunakan tes, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan uji Mancova pada taraf signifikansi 5% dengan kemampuan awal sebagai kovariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir terintegrasi dan kemandirian belajar peserta didik; (2) ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik awal dan akhir dengan menggunakan model PBL; (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemandirian belajar peserta didik awal dan akhir dengan menggunakan model DI; (4) pembelajaran dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis, keterampilan proses sains kimia, dan kemandirian belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kimia, metode pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 09:23
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49134

Actions (login required)

View Item View Item