Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Sosial Siswa

Zahara, Hafsyah Siti (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Keterampilan Sosial Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hafsyah-siti-zahara-15728251001.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menguji pengaruh model pembelajaran STS terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan sosial siswa, (2) menguji pengaruh model pembelajaran STS terhadap kemampuan literasi siswa, dan (3) menguji pengaruh model pembelajaran STS terhadap keterampilan sosial siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-test post-test control gruop. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data meliputi tes dan nontes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan soal uraian literasi sains, sedangkan nontes untuk mengukur keterampilan sosial siswa dengan menggunakan angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji statistik MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran STS terhadap kemampuan literasi sains dan keterampilan sosial siswa pada materi laju reaksi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran STS terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi laju reaksi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000; dan (3) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran STS terhadap keterampilan sosial siswa pada materi laju reaksi, dengan nilai signifikansi sebesar 0,460.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kimia, metode pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 09:18
Last Modified: 29 Jan 2019 12:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49133

Actions (login required)

View Item View Item