Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Busana Butik dengan Kebutuhan Kompetensi Kerja Industri Busana di Kota Yogyakarta

Inayah, Desy Tri (2017) Relevansi Kurikulum SMK Kompetensi Keahlian Busana Butik dengan Kebutuhan Kompetensi Kerja Industri Busana di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desy-tri-inayah-14702251012.swf

Download (27MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) pada KTSP 2006 SMK kompetensi keahlian busana butik (KKBB) di Kota Yogyakarta; (2) mendeskripsikan kompetensi kerja industri busana yang tercantum dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI); (3) menganalisis relevansi KTSP 2006 SMK KKBB dengan kebutuhan kompetensi kerja industri busana di Kota Yogyakarta; (4) menganalisis kompetensi kerja yang dibutuhkan industri busana tetapi tidak tercantum dalam KTSP 2006 SMK KKBB di Kota Yogyakarta; dan (5) menganalisis kompetensi kerja yang tidak dibutuhkan industri busana tetapi tercantum dalam KTSP 2006 SMK KKBB di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi pada penelitian ini yaitu SMK KKBB dan industri busana di Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan teknik Sampling Purposive. Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket yang disusun menggunakan skala likert dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) KTSP 2006 SMK KKBB terdiri dari mata pelajaran dasar 3 SK dengan 11 KD dan mata pelajaran kompetensi kejuruan 9 SK dengan 40 KD; (2) kompetensi kerja industri busana yang tercantum dalam Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) terdiri dari 79 kompetensi kerja; (3) relevansi KTSP 2006 SMK KKBB dengan kebutuhan industri busana di Kota Yogyakarta untuk industri butik sebesar 91,03% sedangkan untuk industri modiste sebesar 91,37%; (4) kompetensi yang dibutuhkan industri busana tetapi tidak tercantum dalam KTSP 2006 SMK KKBB di Kota Yogyakarta untuk industri butik dan modiste yaitu: (a) membuat pola menggunakan teknik kombinasi; (b) mengemas bahan sesuai urutan pola; dan (c) memisahkan bagian pola yang sudah dipress, dan (5) kompetensi yang tidak dibutuhkan industri busana tetapi tercantum dalam KTSP 2006 SMK KKBB di Kota Yogyakarta untuk industri butik dan modiste yaitu kompetensi membuat busana bayi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu KTSP 2006 SMK KKBB di Kota Yogyakarta sudah relevan dengan kebutuhan industri busana, akan tetapi ada beberapa kompetensi yang tidak terlaksana dan perlu menjadi perhatian bagi pihak sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan - kurikulum, pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 08:01
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49130

Actions (login required)

View Item View Item