Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Peserta Didik SMA

Ratnaningtyas, Delthawati Isti (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Soft Skills dan Hard Skills Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-delthawati-isti-ratnaningtyas-13708251032.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik yang layak digunakan dalam pembelajaran serta (2) menguji apakah perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat meningkatkan soft skills dan hard skills peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model Borg & Gall. Tahap penelitian meliputi penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk utama, uji coba lapangan utama, dan revisi produk operasional. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari 12 peserta didik kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon. Subjek uji coba lapangan utama untuk kelas eksperimen terdiri dari 32 peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sewon dan kelas kontrol terdiri dari 35 peserta didik kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian kelayakan produk, lembar observasi, soal tes hard skills, angket penilaian diri soft skills, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah (1) perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba serta (2) hasil uji MANOVA menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan soft skills dan hard skills antara peserta didik yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dan peserta didik yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 07:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49129

Actions (login required)

View Item View Item