Pengaruh Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Terhadap Keterampilan Proses IPA Dan Penguasaan Konsep Siswa SMP

Rahardini, Riris Riezqia Budy (2017) Pengaruh Pembelajaran IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Terhadap Keterampilan Proses IPA Dan Penguasaan Konsep Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riris-riesqia-budy-rahardini-15708251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) terhadap keterampilan proses IPA dan penguasaan konsep siswa secara bersamaan, (2) pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) terhadap keterampilan proses IPA siswa dan (3) pengaruh pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen kuasi dengan desain non equivalent control group. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP A dan siswa kelas VII SMP B yang masing-masing secara random dipilih 1 kelas kontrol dan 1 kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterampilan proses dan soal tes penguasaan konsep. Penelitian ini mengadaptasi perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan oleh Desak Made Megawati (2016) yang telah teruji valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan MANOVA dan ANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal PLTMH berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses IPA dan penguasaan konsep siswa secara bersama-sama yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05); (2) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal PLTMH berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses siswa yang ditunjukkan dengan output 0,00 (Sig. < 0,05); (3) pembelajaran IPA terintegrasi potensi lokal PLTMH berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep siswa yang ditunjukkan dengan output 0,02 (Sig. < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 07:42
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49128

Actions (login required)

View Item View Item