Keefektifan Perangkat Pembelajaran Berbasis Domain IPA Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik

Kurniawati, Arifah Putri (2017) Keefektifan Perangkat Pembelajaran Berbasis Domain IPA Terintegrasi Potensi Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA dan Sikap Ilmiah Peserta Didik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arifah-putri-kurniawati-15708251020.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik secara bersamaan, (2) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap keterampilan proses IPA, dan (3) mengetahui adanya pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap sikap ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 1 Muntilan dan SMP Muhammadiyah Tanjung. Sampel dari penelitian di SMP Negeri 1 Muntilan adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol (24 peserta didik) dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen (24 peserta didik). Sedangkan sampel dari penelitian di SMP Muhammadiyah Tanjung adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol (20 peserta didik) dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen (21 peserta didik). Instrumen untuk mengukur keterampilan proses IPA menggunakan soal tes tertulis yang diadaptasi dari Agus Dwianto (2016). Instrument untuk mengukur sikap ilmiah peserta didik menggunakan angket yang diadaptasi dari Agus Dwianto (2016) dan lembar observasi. Analisis data menggunakan manova dan anova satu faktor dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap keterampilan proses IPA dan sikap ilmiah peserta didik secara bersamaan, (2) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap keterampilan proses IPA, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan perangkat pembelajaran berbasis domain IPA terintegrasi potensi lokal terhadap sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 06:59
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49127

Actions (login required)

View Item View Item