LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

RITA DEWI ANGGRAINI, RITA DEWI ANGGRAINI (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
18_RITA DEWI ANGGRAINI_P AKUNTANSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti mahasiswa S1 bidang pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta setelah melalui pembelajaran Micro Teaching. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan terkait proses persekolahan dan pembelajaran yang meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran. Melalui kegiatan PPL tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar mengajar bagi mahasiswa dan pengalaman dalam praktik persekolahan. Hal tersebut merupakan garis besar dari program PPL yang merupakan implementasi salah satu butir Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran. Pelaksanaan PPL dilakukan pada tanggal 16 September 2016 sampai 16 September 2016 bertempat di SMA N 1 Pleret yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret, Bantul, DIY. Beberapa program PPL yang direncanakan dan telah dilaksanakan yaitu konsultasi dengan guru pembimbing, konsultasi dengan dosen pembimbing PPL, membuat perangkat pembelajaran (Silabus dan RPP), mencari bahan untuk mengajar, kegiatan pembelajaran, membuat soal ulangan harian, mengoreksi lembar kerja siswa, mengoreksi ulangan harian, memasukkan nilai lembar kerja siswa, pembuatan media pembelajaran, pembuatan administrasi guru dan pembuatan laporan PPL. Pada kegiatan PPL ini mahasiswa mengampu kegiatan pembelajaran Akuntansi di kelas XI IPS 3. Selain praktik mengajar Mahasiswa PPL juga melaksanakan praktik persekolahan seperti piket guru, jaga perpustakaan, jaga UKS, jaga kelas bila ada guru yang tidak hadir, pendampingan penrimaan siswa baru, pendampingan pengenalan lingkungan sekolah, pendampingan tadarus serta pendampingan baris-berbaris. Hasil yang diperoleh selama PPL adalah bahwa mahasiswa telah mendapatkan pengetahuan terpadu antara teori dengan praktik yang sangat bermanfaat. Praktikan sudah melakukan kegiatan mengajar sebanyak delapan kali serta dua kali ulangan. Dengan materi yang diajarkan akuntansi sebagai sistem akuntansi sebanyak empat kali pertemuan, pengolongan dan kode akun tiga kali pertemuan dan persamaan dasar akuntansi satu kali pertemuan .Selain pengalaman mengajar, mahasiswa juga memperoleh pengalaman kegiatan persekolahan yang berkaitan dengan berbagai tugas guru di sekolah seperti pendampingan pengenalan lingkungan sekolah, penerimaan siswa baru, pendampingan baris-berbaris, piket gerbang, piket UKS, dan piket perpustakaan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA N 1 Pleret, Akuntansi, Pengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2017 06:32
Last Modified: 01 Oct 2019 11:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49124

Actions (login required)

View Item View Item