LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Nofan Wibowo, Nofan Wibowo (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16_NOFAN WIBOWO_P SOSIOLOGI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu perguruan tinggi kependidikan yang mempunyai misi untuk menyiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga pendidik yang diharapkan memiliki sikap, pengetahuan dan ketrampilan sebagai tenaga professional kependidikan. PPL merupakan salah satu wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Strata Satu (S1). Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga kependidikan yang professional. Kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari ke dalam kehidupan nyata di masyarakat. Tempat yang digunakan untuk melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan adalah sekolah atau lembaga lainnya. Dalam kesempatan ini penyusun melaksanakan kegiatan tersebut di SMA N 1 Pleret, yang beralamat di Kedaton, Pleret, Pleret Bantul. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta secara terpadu dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa ketika berada di kondisi lapangan yang sesungguhnya. Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan yaitu Sosiologi. Sebelum praktikan terjun langsung untuk melaksanakan PPL, sebelumnya dilakukan persiapan terlebih dahulu seperti pembekalan PPL dan micro teaching yang berguna untuk mempersiapkan praktikan agar dapat melaksanakan Praktik Pengalamanan Lapangan dengan maksimal. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya yang diselenggarakan di sekolah, misalnya membantu piket pintu gerbang, piket UKS dan lainya. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan pada Kompetensi Keahlian sosiologi di kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Praktik mengajar dilakukan dengan menggunakan beberapa metode pembelajaran, diantaranya yaitu, metode ceramah, metode tanya-jawab, showball trowing, example non exmple, dan ikhtisar siswa. Praktik mengajar yang dilakukan praktikan juga menggunakan media pembelajaran seperti Film, power point, video pembelajaran, dan lain sebagainya. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, dari awal PPL sampai akhir PPL, serta PPL juga telah dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditentukan dari pihak sekolah. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pleret ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang pendidikan sosiologi yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi hambatan tersebut dapat diatasi dengan adanya semangat dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak yang terkait.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMA Negeri 1 Pleret
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 May 2017 06:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49122

Actions (login required)

View Item View Item