Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD

Taufani, Imam Suhendra (2017) Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imam-suhendra-taufani-14712251041.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) pengaruh pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap hasil belajar peserta didik; dan 3) pengaruh pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS ditinjau dari kemampuan peserta didik kelas IV SDN 1 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (quasi eksperiment), dengan menggunakan desain non-equevalent pretets-postest desain group kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 1 Ampenan yang terdiri dari tiga kelas. Dari tiga kelas tersebut, dipilih secara acak 2 kelas eksperimen (IV B dan IV C) dan kelompok kontrol 1 kelas (IV A). Peserta didik dalam masing-masing kelompok diberi perlakuan yang berbeda: kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homegenitas data menggunakan uji F atau tes Levene’s. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA dua jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; 2) terdapat signifikan penggunaan pengaruh pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap hasil belajar peserta didik; dan 3) terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPS ditinjau dari kemampuan peserta didik kelas IV SDN 1 Ampenan. Pembelajaran kolaboratif ternyata lebih baik dari pembelajaran ekspositori baik untuk kemampuan berpikir kritis maupun untuk hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49103

Actions (login required)

View Item View Item