LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Wenang Herdama Sugiyanto, Wenang Herdama Sugiyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta dengan beban 3 SKS Praktik atau setara 256 jam. PPL dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memberikan pengalaman yang telah diraihnya di perkuliahan kepada siswa-siswi di sekolah. Selain itu, PPL dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengajar, memperluas wawasan, memunculkan ide-ide baru di dunia pendidikan, dan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa, serta meningkatkan keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan di lapangan. Pelaksanaan PPL meliputi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Pada tahap persiapan dilaksanakan kegiatan observasi, yakni melakukan pengamatan ke sekolah, baik itu kondisi sekolah maupun kondisi pembelajaran di dalam kelas yang dimulai pada tanggal 27 Februari 2016 sampai dengan sebelum PPL dilaksanakan. Selain observasi, pada tahap persiapan dilaksanakan pula pembekalan oleh Tim PPL UNY dan persiapan sebelum pelaksanaan oleh mahasiswa. Tahap selanjutnya yakni pelaksanaan yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan kegiatan praktik mengajar maupun non-mengajar. Pada praktik mengajar, kelas yang diampu adalah X RPL 1 dan X RPL 2 dengan Mata Pelajaran Perakitan Komputer, Pemrograman Dasar, dan Sistem Operasi. Jumlah jam untuk Mata Pelajaran Perakitan Komputer dan Sistem Operasi adalah 8 jam pelajaran, sedangkan untuk Pemrograman Dasar 2 jam pelajaran. Setelah PPL dilaksanakan, tahap yang terakhir adalah penyusunan laporan yang berisi seluruh kegiatan pelaksanaan PPL di sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan. Pengetahuan mengenai dunia pendidikan khususnya pembelajaran di sekolah bertambah setelah dilaksanakannya PPL. Keterampilan mengajar, mengatasi permasalahan yang ada di kelas menjadi poin penting pada saat pelaksanaan PPL. Pelaksanaan PPL mampu menghasilkan keluaran calon pendidik yang professional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 09 May 2017 08:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49101

Actions (login required)

View Item View Item