PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL SISWA KELAS XII SEMESTER GENAP TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 NGLIPAR TAHUN 2016/2017

Nurul, Ismunandar (2017) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL SISWA KELAS XII SEMESTER GENAP TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 NGLIPAR TAHUN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img] Text
13504244013_Nurul Ismunandar_TAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan ini adalah untuk memperoleh informasi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Semester Genap Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Nglipar Tahun 2016/2017 dengan menggunakan media pembelajaraan berbasis Macromedia Flash 8.0 pada kompetensi sistem pengisian konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah kelas XII TKR 2 SMK Negeri 1 Nglipar sebanyak 29 siswa. Desain Penelitian yang digunakan adalah mengadopsi prosedur penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8.0. Teknik pengambilan data motivasi menggunakan lembar observasi dan angket motivasi yang berjumlah 20 pernyataan, sedangkan hasil belajar menggunakan tes kognitif pilihan ganda dengan jumlah soal 20 butir. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan presentase yang dilakukan dengan mengitung skor motivasi dan hasil belajar siswa selanjutnya dibandingkan dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII Semester Genap Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Nglipar Tahun 2016/2017 yang terlihat dari hasil tiap siklusnya. Presentase skor motivasi belajar siswa dari pra siklus sebesar 60,59%, pada siklus I sebesar 68,80% sehingga meningkat sebesar 8,21% dari pra siklus ke siklus I sedangkan siklus I sebesar 68,80% mengalami kenaikan pada siklus II sebesar 79,97% sehingga terjadi peningkatan sebesar 11,17%. Selain itu data dari angket, presentase angket motivasi belajar siswa siklus I sebesar 73,71% dan presentase siklus II sebesar 81,42% sehingga dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,75%. Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata – rata kelas sebesar 53,97 dan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 20,69%, siklus I nilai rata – rata kelas mencapai 63,79. Hal ini terjadi peningkatan sebesar 9,82 poin dari pra siklus ke siklus I dan presentase juga mengalami kenaikan menjadi 37,93% sehingga terjadi peningkatan sebesar 17,24%. Kemudian siklus II nilai rata – rata kelas siswa mencapai 76,38 hal ini terjadi peningkatan sebesar 12,59 poin dari siklus I ke siklus II. kemudian presentase juga mengalami kenaikan menjadi 82,76% sehingga terjadi peningkatan sebesar 44,83%. Kata Kunci : PTK, Macromedia flash 8.0, Motivasi belajar, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 May 2017 03:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49093

Actions (login required)

View Item View Item