Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Siter) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Verbal

Fitriani, Fajar (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Siter) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Verbal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fajar-fitriani-15726251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik dan kualitas perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal (siter) berbantuan android; (2) peningkatan kemampuan representasi diagram dan verbal bagi peserta didik kelas XII IPA SMA N 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model 4-D (four D method ) dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Subjek penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini menggunakan uji coba terbatas yang terdiri atas 27 orang peserta didik, sedangkan untuk uji coba lapangan terdiri atas 28 orang peserta didik pada kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik pada kelas kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan android sebagai media pembelajaran berbasis kearifan lokal (siter), dan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran biasa atau konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan representasi diagram dan verbal peserta didik pada pokok bahasan gelombang bunyi sebelum dan sesudah perlakuan. Peningkatan kemampuan representasi diagram dan verbal dideskripsikan dengan N gain sedangkan perbedaan peningkatan kemampuan representasi diagram dan verbal untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji multivariate ( MANOVA) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) telah dihasilkan produk perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal (siter) berbantuan android dengan karakteristik dapat dioperasikan dengan menggunakan perangkat android, mendukung pembelajaran fisika SMA pada materi gelombang bunyi, dapat digunakan untuk pembelajaran fisika di dalam maupun di luar kelas, menjelaskan materi, contoh soal, evaluasi yang berkaitan dengan siter; (2) kualitas produk menurut penilaian ahli sangat baik, sedangkan menurut hasil uji coba lapangan pada kategori sangat baik; (3) adanya peningkatan kemampuan representasi diagram dan verbal setelah menggunakan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika, media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 May 2017 03:21
Last Modified: 04 Dec 2023 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49088

Actions (login required)

View Item View Item