Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Andong) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Representasi Vektor

Ardi, Fay Lalitya (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal (Andong) Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Diagram dan Representasi Vektor. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fay-lalitya-ardi-15726251004.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal andong dengan memanfaatkan aplikasi Android yang layak digunakan, (2) meningkatkan kemampuan representasi diagram peserta didik, dan (3) meningkatkan kemampuan representasi vektor peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D. Pengembangan tersebut dimulai dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IA 1,2 dan 3 SMA N 3 Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 103 orang yang terdiri dari 8 orang penilai, 35 peserta didik pada uji coba terbatas, dan 60 peserta didik pada uji coba lapangan. Instrumen penelitian yan digunakan terdiri dari lembar penilaian produk, lembar respon peserta didik, dan lembar tes kemampuan representasi diagram dan vektor. Teknik analisis menggunakan Uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal (andong) berbantuan android yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dan hasil uji coba di sekolah, (2) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal (andong) berbantuan android yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi diagam peserta didik, dan (3) perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal (andong) berbantuan android yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan representasi vektor peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pengajaran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 08 May 2017 07:29
Last Modified: 08 May 2017 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49082

Actions (login required)

View Item View Item