Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian menggunakan Computer Adaptive Tes (CAT) Dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA

Megawati, Intan (2017) Pengembangan Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian menggunakan Computer Adaptive Tes (CAT) Dalam Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-intan-megawati-15726251020.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika peserta didik SMA dan 2) menguji efektivitas tes HOTS Bloomian menggunakan Computer Adaptive Test (CAT). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan menggunakan model penelitian 4D (Define, Design, Develop and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahap penelitian meliputi: 1) Pengembangan tes HOTS versi Bloom revisi dengan CAT dan 2) Pengujian efektivitas penerapan tes HOTS menggunaka CAT. Tahap 1) yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: (1) Pendefinisian, (2) penyusunan kisi-kisi tes, (3) penulisan item, (4) validasi isi item tes oleh ahli, (5) perbaikan item dan perakitan tes, (6) penyusunan Pedoman Penskoran dengan Parcial Credit Model (PCM), dan (7) uji coba soal, meliputi: (a) penetapan subjek uji coba, (b) pelaksanaan uji coba tes (validasi empiris), dan (c) analisis data hasil uji coba berdasarkan Item Response Theory (IRT). Tahap ini dilakukan di SMAN 6 Yogyakarta, SMAN 8 Yogyakarta, SMAN 11 Yogyakarta yang melibatkan 300 peserta didik. Tahap 2) meliputi: (1) setting item tes dalam CAT , (2) validasi ahli media, dan (3) uji efektivitas penerapan Tes HOTS dengan CAT berdasarkan respon pendidik dan peserta didik. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: 1) Instrumen tes HOTS yang dikembangkan valid, reliabel dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan tingkat tinggi fisika peserta didik; a) berdasarkan validasi ahli, indeks V Aiken instrumen tes HOTS sebesar 0,73, b) hasil uji coba empiris menyatakan instrumen tes fit dengan PCM, nilai INFIT MNSQ berada pada rentang 0,88-1,13, c) tingkat kesukaran soal baik, hasil penelitian menunjukkan tingkat kesukaran soal berada pada rentang -1,74 – 1,14, d) keseluruhan butir soal dinyatakan cukup reliabel dengan nilai reliabilitas item 0,71 dan reliabilitas orang 0,73 dan e) berdasarkan fungsi informasi dan SEM diketahui jika instrumen tes sesuai dengan peserta didik dengan kemampuan (θ≥- 1,4). 2) Media Computer Adaptive Test (CAT) yang dikembangkan layak digunakan dan efektif mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik: a) berdasarkan validasi ahli media, skor validitas media sebesar 55 dengan kriteria sangat baik dan b) media Computer Adaptive Test (CAT) efektif digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan persentase kelayakan media CAT sebesar 82% dan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan - tes dan pengukuran
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 06:48
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49081

Actions (login required)

View Item View Item