APLIKASI MEDIA PENGENALAN SIFAT-SIFAT DAN KARAKTERISTIK TOKOH WAYANG BERBASIS ANDROID DENGAN METODE AUGMENTED REALITY

Ramadani, Muhammad Duha and Waryanto, Nur Hadi (2017) APLIKASI MEDIA PENGENALAN SIFAT-SIFAT DAN KARAKTERISTIK TOKOH WAYANG BERBASIS ANDROID DENGAN METODE AUGMENTED REALITY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Kajian Teori.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
Halaman Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Wayang merupakan salah satu dari sekian banyak budaya asli Indonesia. Tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengerti akan sifat-sifat dan karakteristik tokoh wayang. Minimnya media pengenalan sifat-sifat dan karakteristik tokoh wayang yang menarik dan interaktif menjadi salah satu penyebab kurangnya pemahaman masyarakat mengenai sifat-sifat dan karakteristik tokoh wayang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi media pengenalan sifat-sifat dan karakteristik tokoh wayang berbasis android dengan metode augmented reality. Aplikasi media pengenalan sifat-sifat dan karakteristik tokoh wayang berbasis android dengan metode augmented reality dibangun dengan bahasa pemrograman C# dan dirancang dengan menggunakan model waterfall. Ada empat tahap dalam perancangan sistem ini yaitu analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pengujian sistem. Berdasarkan hasil pengujian sistem dengan menggunakan faktor McCall yang dilakukan oleh pengguna dan oleh ahli komputer diperoleh hasil bahwa sistem memenuhi kebutuhan user, informasi yang disampaikan sistem cukup baik, aman, dan mudah digunakan oleh user, sistem mudah untuk dimodifikasi atau diubah, fungsinya berjalan dengan baik, dan mudah digunakan di beberapa perangkat smartphone. Pengguna yang terlibat dalam penggunaan aplikasi ini adalah masyarakat umum. Kata Kunci : Augmented reality, android, wayang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 May 2017 01:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49079

Actions (login required)

View Item View Item