Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Barang-Barang Bekas dari Lingkungan Sekitar Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daerah Pinggiran Kota Kabupaten Kudus

Zainur, Sulthon (2009) Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Barang-Barang Bekas dari Lingkungan Sekitar Bagi Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daerah Pinggiran Kota Kabupaten Kudus. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sulthon-zainur-07712259033.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas dari lingkungan sekitar bagi siswa kelas V MI; (2) mengetahui karakteristik media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas dari lingkngan sekitar bagi siswa kelas V MI; (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, dan respon siswa; (4) mengetahui kenaikan nilai posttest dari pretest prestasi belajar siswa setelah belajar menggunakan media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas bagi siswa kelas V MI. Subyek penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 3 siswa untuk uji coba perorangan, 10 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data evaluasi dari ahli materi, data evaluasi ahli media, dan data tanggapan dari siswa terhadap aspek isi, aspek pembelajaran, dan aspek media. Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi dan ahli media, dan lembar kuesioner untuk subyek uji coba perorangan, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah; (1) pengembangan media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas melalui tahap analisis, desain, produksi, dan evaluasi; (2) karakteristik media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas bagi siswa kelas V MI adalah bersifat interaktif, menggunakan benda sederhana, mudah digunakan, memuat langkah kerja, materi, soal, dan umpan balik; (3) kelayakan media pembelajaran sains yang dikembangkan ditinjau dari aspek isi, pembelajaran, dan media adalah baik. Dengan menggunakan rentang skor 1-5, aspek isi menunjukkan rerata 3,98, aspek pembelajaran menunjukkan rerata 4,05, dan aspek media menunjukkan rerata 3,97; (4) penggunaan media pembelajaran sains berbasis pemanfaatan barang bekas bagi siswa kelas V MI Nurus Shofa kecamatan Bae, MI Miftahul Falah kecamatan Dawe, dan MI Matholiul Hijja kecamatan Gebog Kabupaten Kudus dapat menaikkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 15,8 dari nilai 48,6 menjadi 64,4 yang diketahui dari pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pengajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 01:15
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49075

Actions (login required)

View Item View Item