Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Contextual Guided Inquiry pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika

Budhi, Maria Noor Cahaya (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP dengan Pendekatan Contextual Guided Inquiry pada Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-noor-cahaya-budhi-12709259037.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Contextual Guided Inquiry yang valid, praktis, dan efektif pada materi bangun ruang untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Contextual Guided Inquiry dengan model yang diadaptasi dari Dick, Carey and Carey, yang telah dimodifikasi sehingga secara garis besar terdapat lima tahap yaitu analisis kebutuhan dan perumusan tujuan, pengembangan produk, uji coba produk, revisi produk, dan produk akhir. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, dan spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru, angket motivasi dan tes prestasi belajar. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan Contextual Guided Inquiry untuk meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada materi bangun ruang. Perangkat pembelajaran terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan siswa. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori valid. Hasil uji coba menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa. Kepraktisan perangkat pembelajaran mencapai kategori baik dengan rata-rata keterlaksanaan 90 % pada uji coba lapangan. Keefektifan ditinjau dari hasil uji coba tes prestasi belajar menunjukkan ketercapaian ketuntasan minimal dengan 95,89 % dan ditinjau dari motivasi belajar siswa mencapai skor rata-rata 100,26 termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 05 May 2017 07:37
Last Modified: 05 May 2017 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49069

Actions (login required)

View Item View Item