Keterlaksanaan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika Menurut Kurikulum 2013 Kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru

Paldi, Jaya (2017) Keterlaksanaan Standar Isi dan Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika Menurut Kurikulum 2013 Kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jaya-paldi-14709251045.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan standar isi dan standar proses dalam pembelajaran matematika menurut Kurikulum 2013 kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru ditinjau dari: (1) standar isi yang terdiri dari kompetensi dan sarana prasarana, (2) standar proses yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan penilaian dalam pembelajaran matematika menurut Kurikulum 2013 Kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian mixed method menggunakan model Sequential Explanatory Strategy. Penelitian ini diawali dengan penelitian kuantitatif, kemudian dilanjutkan dengan penelitian kualitatif berdasarkan hasil analisis penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan metode survei, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan dengan metode studi kasus melalui telaah dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), observasi, dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru yang menerapkan Kurikulum 2013. Sampel penelitian untuk memperoleh data kuantitatif adalah 30 orang guru matematika yang dipilih menggunakan teknik sensus, sehingga jumlah sampel merupakan jumlah populasi dalam penelitian ini. Sedangkan sampel penelitian untuk memperoleh data kualitatif adalah delapan orang guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk penelitian adalah angket dan didukung oleh data-data yang diperoleh dari lembar telaah dokumen, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data deskriptif kuantitatif menggunakan kecenderungan keterlaksanaan dalam lima kriteria, yaitu Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan Sangat Kurang. Sedangkan analisis data kualitatif terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan standar isi dan standar proses ditinjau dari: (1) standar isi yang terdiri dari kompetensi dan sarana prasarana masuk dalam kategori baik, dan (2) standar proses yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian masuk dalam kategori baik. Secara umu, keterlaksanaan standar isi dan standar proses dalam pembelajaran matematika menurut Kurikulum 2013 kelas XII SMAN di Kota Pekanbaru masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 May 2017 07:26
Last Modified: 29 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49068

Actions (login required)

View Item View Item