Peran Modal Sosial Dalam Implementasi Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Jetis

Wijayanto, Sukma (2017) Peran Modal Sosial Dalam Implementasi Konsep Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di SD Taman Muda Jetis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sukma-wijayanti-14712251065.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memaknai implementasi pendidikan Ki Hadjar Dewantara mengenai tujuan, sistem among (2) Memaknai modal sosial di SD Taman Muda Jetis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Unit analisis penelitian adalah SD Tamansiswa Jetis. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian adalah pamong, kepala sekolah dan ketua yayasan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa cabang Jetis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan model interaktif Milles & Huberman. Berdasarkan penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) Konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara mengenai tujuan, sistem among dan Tut Wuri Handayani telah terlaksana di SD Taman Muda Jetis. Pelaksanaan sistem among tidak dapat dipisahkan dengan tut wuri handayani dan dilaksanaan dengan prinsip kemerdekaan dan kodrat alam. Pelaksanaan sistem among dilaksanakan dengan keteldanan, pembiasaan, pengajaran, serta hukumam, paksaan dan perintah. (2) Trust, Jaringan, dan norm dalam melaksanakan konsep Ki Hadjar Dewantara menggunakan nilai budaya kekekluargaan. Rasa keluarga, atau kekeluargaan menjadi modal sosial yang menjadi kekuatan dalam melaksanakan konsep pendididkan Ki Hadjar di SD Taman Muda Jetis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ki Hadjar Dewantara
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 May 2017 06:52
Last Modified: 29 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49066

Actions (login required)

View Item View Item