Pengembangan Audiobook Pembelajaran Mata Kuliah Literatur Berdasarkan Perspektif Behavioral untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Jerman

Desriana, Barbara (2017) Pengembangan Audiobook Pembelajaran Mata Kuliah Literatur Berdasarkan Perspektif Behavioral untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Jerman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-barbara-desriana-15707251014.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan audiobook pada mata kuliah Literatur, (2) mendapatkan kelayakan audiobook yang dihasilkan pada mata kuliah Literatur, dan (3) mengetahui keefektifan media audiobook terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jerman. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta pada program studi Pendidikan Bahasa Jerman tepatnya pada pembelajaran Literatur. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 5. Metode penelitian yang dikembangkan pada produk ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan pendekatan Borg and Gall yang meliputi penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan desain produk, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji lapangan utama, revisi uji coba lapangan, uji lapangan, revisi akhir dan desiminasi dan implementasi. Pengembangan meliputi produksi audiobook, validasi ahli media, validasi ahli materi dan revisi produk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi pedoman wawancara, lembar evaluasi produk, soal tes uraian dan lembar angket respon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk media audiobook pembelajaran Literatur yang dihasilkan adalah layak dan efektif digunakan sebagai media suplemen dalam kegiatan pembelajaran. (2) Kelayakan produk ini didukung dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media terhadap kualitas produk. Berdasarkan hasil validasi materi diperoleh rata-rata sebesar 4,38 dengan kategori sangat baik dan hasil validasi media dengan rata-rata sebesar 3,8 dan tergolong pada kategori baik. (3) Keefektifan penggunaan media suplemen audiobook dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa dari rata-rata 52,87 menjadi 74,48. Ditambah dengan hasil respon mahasiswa yang positif terhadap penggunaan produk ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media Audiobook, behavioral, bahasa Jerman
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2017 06:24
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49062

Actions (login required)

View Item View Item