PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IIIA SD NEGERI 4 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Nurjanah, Siti (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IIIA SD NEGERI 4 WATES KULONPROGO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Wates dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 4 Wates pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Wates dengan jumlah 30 siswa. Objek penelitian yakni keterampilan berbicara siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IIIA SD Negeri 4 Wates. Peningkatan keterampilan berbicara meliputi peningkatan pada aspek-aspek sebagai berikut; kejelasan lafal ditunjukkan dengan pengucapan yang jelas pada setiap kata, aspek intonasi ditunjukkan dengan penempatan intonasi yang tepat saat berbicara, aspek pemilihan kata ditunjukkan dengan pemilihan kata baku dalam berbicara, aspek kosakata ditunjukkan dengan penggunaan kosakata yang luas, beragam, dan mengucapkannya secara jelas, aspek sikap ditunjukkan dengan sikap siswa yang tenang dan tidak kaku ketika menyampaikan pendapat, aspek keberanian ditunjukkan dengan sikap siswa yang bertambah berani dalam menyampaikan pendapat, dan aspek kelancaran ditunjukkan dengan siswa mampu berbicara dengan lancar saat mengemukakan pendapat. Peningkatan rata-rata keterampilan berbicara siswa pada siklus I sebesar 11,57 dari kondisi awal 59,93 menjadi 71,5. Sedangkan peningkatan pada siklus II sebesar 4.9, dari kondisi awal 71,5 menjadi 76,4. Kata kunci: model kooperatif, kancing gemerincing, keterampilan berbicara

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 May 2017 05:30
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49057

Actions (login required)

View Item View Item