PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELAS DI SD NEGERI PECOBAAN 3

Kesumasari, Ratih Putri (2017) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN KELAS DI SD NEGERI PECOBAAN 3. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ratih Putri Kesumasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan kelas di SD Negeri Percobaan 3 yaitu terkait dengan perencanaan perpustakaan kelas, pelaksanaan perpustakaan kelas, dan evaluasi perpustakaan kelas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian berada di SD Negeri Percobaan 3 yang dilakukan pada bulan Februari 2017. Subjek penelitian adalah guru, siswa, dan pustakawan SD Negeri Percobaan 3. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan berpedoman pada pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri Percobaan 3 memiliki perpustakaan kelas yang telah berjalan sejak Rabu, 06 Januari 2016 hingga saat ini. Perpustakaan kelas merupakan salah satu program kerja dari perpustakaan sekolah, sehingga visi misinya sesuai dengan visi misi perpustakaan sekolah. Tujuan perpustakaan kelas yaitu mendekatkan siswa dengan buku dan meningkatkan minat membaca siswa. Penanggung jawab pelaksanaan perpustakaan kelas adalah dari dalam sekolah (guru kelas). Koleksi bahan bacaan adalah buku fiksi maupun nonfiksi yang bersumber dari sumbangan siswa, sumbangan guru, dan meminjam perpustakaan sekolah. Pengadaan sarana dan prasarana merupakan tanggung jawab sekolah, di mana anggaran untuk pengadaan ini diambil dari dana BOSNAS. Pemanfaatan perpustakaan kelas digunakan untuk kegiatan budaya membaca yaitu wajib membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Pada pelaksanaannya kegiatan budaya membaca ini dapat dimodifikasi oleh guru. Selain itu, hasil perbandingan antara perencanaan dengan pelaksanaan perpustakaan kelas dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi sekolah. Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, perpustakaan kelas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 May 2017 04:33
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49056

Actions (login required)

View Item View Item