PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DI KELAS III SD NEGERI 2 TIJAYAN

Susilasakti, Dita Putri (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PECAHAN SEDERHANA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER DI KELAS III SD NEGERI 2 TIJAYAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dita Putri Susilasakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan sederhana melalui penerapan teori belajar Bruner di kelas III SD Negeri 2 Tijayan. Pembelajaran dengan menerapkan teori belajar Bruner melalui tiga tahapan yaitu tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Suwarsih Madya, 2009:67). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar pecahan sederhana dengan menerapkan teori belajar Bruner. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, pedoman observasi guru, pedoman observasi siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan teori belajar Bruner pada materi pecahan sederhana mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar pada pra tindakan belum ada siswa yang mencapai ketuntasan, pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 83,34% dan pada siklus II ketuntasan belajar meningkat menjadi 95,83%. Nilai rata-rata pada pre test adalah 51,63, pada post test 1 mencapai 82,92, dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Peningkatan hasil belajar tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang menerapkan tahapan teori belajar Bruner dan menggunakan alat peraga yang dapat membantu pola pikir siswa Kata kunci: hasil belajar pecahan dan teori belajar Bruner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 05 May 2017 04:20
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49055

Actions (login required)

View Item View Item