PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Pratiwi, Naning (2017) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA DAN PENERIMAAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Naning Pratiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh intensitas penggunaan sosial media terhadap perilaku bullying pada siswa kelas V sekolah dasar; 2) mengetahui pengaruh penerimaan teman sebaya terhadap perilaku bullying pada siswa kelas V sekolah dasar; 3) mengetahui pengaruh penggunaan sosial media dan penerimaan teman sebaya secara bersama-sama terhadap periaku bullying pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 267 siswa kelas V sekolah dasar dengan 152 sampel. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling jenis simple random sampling. Penentuan jumlah anggota sampel pada penelitian ini menggunakan Nomogram Henrry King dengan tingkat kesalahan (error) sebesar 0,5%. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: 1) intensitas penggunaan sosial media berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku bullying siswa kelas V sekolah dasar dengan koefisien regresi sebesar 0,163 dan signifikansi sebesar 6,646 (P=0,000; <0,05); 2) intensitas penerimaan teman sebaya berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku bullying siswa kelas V sekolah dasar dengan koefisien regresi sebesar -0,496 dan signifikanasi sebesar -6,968 (P=0,000; <0,05); 3) intensitas penggunaan sosial media dan penerimaan teman sebaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap perilaku bullying dengan koefisien regresi intensitas sosial media sebesar 26,169, koefisien regresi penerimaan teman sebaya sebesar -380, dan koefisien signifikansi (F) sebesar 41,300 (P=0,000; <0,05). Koefisien determinasi (r2) menunjukan hasil 0,360, artinya intensitas penggunaan sosial media dan penerimaan teman secaya secara bersama-sama berpengaruh sebesar 36% terhadap perilaku bullying, sedangkan 64% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci: Intensitas Penggunaan sosial media, Penerimaan teman sebaya, Perilaku bullying, Siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 May 2017 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49038

Actions (login required)

View Item View Item