PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA DI KELAS III SD N KEPEK PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017

Ratnasari, Dyah Ayu Intan (2017) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA SISWA DI KELAS III SD N KEPEK PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dyah Ayu Intan Ratnasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC) pada siswa kelas III SD N Kepek Pengasih, Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD N Kepek, Pengasih, Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian diperoleh dari data observasi dan skala kerja sama. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama siswa meningkat melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside Circle (IOC). Pada pra tindakan, sebanyak 28% siswa kerja samanya berada pada kategori baik. Nilai rata-rata kelas adalah 6,5 (berkategori cukup). Pada siklus I, sebanyak 52% siswa kerja samanya berada pada kategori baik. Nilai rata-rata kelas adalah 7,1 (berkategori baik). Pada siklus II, sebanyak 84% siswa kerja samanya berada pada kategori baik. Nilai rata-rata kelas adalah 7,9 (berkategori baik). Hasil tersebut menunjukkan bahwa di siklus II kerja sama siswa telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 75 % siswa kelas III mencapai kerja sama pada kategori baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC), Kerja Sama Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 May 2017 06:15
Last Modified: 30 Jan 2019 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49034

Actions (login required)

View Item View Item