Kurniati Sari, Nove (2017) PEMBELAJARAN MEWARNAI ANAK DOWN SYNDROME KELAS V SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.
|
Text
TAS Nove Kurniati Sari.PDF Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran mewarnai untuk anak Down Syndrome di kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran di kelas, serta evaluasi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran mewarnai siswa down syndrome kelas V SLB Negeri 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kegiatan mewarnai yang dilakukan siswa down syndrome. Waktu penelitian tanggal 15 Maret 2016 hingga 28 Agustus 2016, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persiapan mewarnai yang dilakukan guru adalah menyiapkan media kertas berisi gambar berupa buah, sayur, bunga, dan hewan yang siap diwarnai anak down syndrome (2) pelaksanaan pembelajaran mewarnai dilakukan guru dengan mengarahkan anak mengenal bentuk serta memilih warna yang disesuaikan dengan warna objek di kehidupan nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 12 May 2017 03:24 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49020 |
Actions (login required)
View Item |