PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA Tbk DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL (RGEC)

Wulandari, Dwi (2017) PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA Tbk DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL (RGEC). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DwiRiskiWulandari_12808141009.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan menggunakan standar yang telah ditetapkan Bank Indonesia, yaitu dengan menggunakan metode Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital (RGEC). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 5 tahun, mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode berdasarkan penilaian dari perhitungan masing-masing variabel. Penilaian Risk Profile menggunakan rasio keuangan Non Performing Loan (NPL) dan Cash Ratio. Good Corporate Governance menggunakan hasil yang telah dipublikasikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) melalui analisis Self Assessment on Implementation of GCG. Penilaian Earnings menggunakan Return On Assets (ROA) dan Net Interest Margin (NIM). Sedangkan untuk Capital penilaiannya menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR). Hasil penelitian dan analisis data dari penilaian masing-masing variabel dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2011 penilaian seluruh variabel mendapatkan peringkat komposit 1 yaitu sangat sehat. Tahun 2012 mendapatkan hasil peringkat komposit 1 dengan predikat sangat sehat. Tahun 2013 juga mendapatkan nilai komposit 1 dengan peringkat sangat sehat. Tahun 2014 nilai seluruh variabel RGEC mendapatkan peringkat 1 yaitu sangat sehat, dan untuk tahun 2015 PT. Bank Rakyat Indonesia mendapatkan peringkat komposit 1 diseluruh penilaian RGEC yaitu dengan predikat sangat sehat. Berdasarkan dari hasil analisis dapat dinyatakan bahwa dari tahun 2011 hingga 2015 kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk mendapatkan peringkat komposit 1 dengan kriteria “SANGAT SEHAT”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 12 May 2017 03:21
Last Modified: 30 Jan 2019 14:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49011

Actions (login required)

View Item View Item