Efektivitas Model Pembeiajaran Kooperatif Tipe TAI Ditinjau Dad Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP N 3 Wonosari Kelas VIII

Mubasiratul, Munawaroh (2006) Efektivitas Model Pembeiajaran Kooperatif Tipe TAI Ditinjau Dad Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP N 3 Wonosari Kelas VIII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Efektivitas_Model_Pembeiajaran_Kooperatif_Tipe_TAI_Ditinjau_Dad_Prestasi.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI efektif jika ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 3 Wonosari kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen-semu (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP N 3 Wonosari dengan jumlah seluruhnya 179 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel diambil dengan tehnik cluster random sampling dan diperoleh siswa kelas B sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas C sebagai kelompok kontrol, masing-masing kelas terdapat 36 siswa. Instrument yang dugunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (pretest dan posttest) Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Analisis data dimulai dengan uji persyaratan analisis(uji normalitas, homogenitas dan uji beda rata-rata data pretest). Setelah uji persyaratan analisis dipenuhi pengujian selanjutnya adalah uji beda rata-rata data posttes dengan menggunakan rumus uji-t. Dari penelitian diperoleh bahwa sampel diambil dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. kemudian hasil uji beda rata-rata data posstest menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperiment dan kelas kontrol sebelum penelitian. Selanjutnya dari pengujian hipotesis diperoleh nilai 1.91, sedangkan 1.645. Karena thitung trabel, maka Ho ditolak atau dapat dikatakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif ditinjau dan i prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika
Date Deposited: 19 Jun 2012 07:38
Last Modified: 12 Jul 2012 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item