Peningkatan Language Skills melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta

Alfiyah, Hanik Yuni (2009) Peningkatan Language Skills melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanik-yuni-alfiyah-07712259053.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yang terdiri dari 35 siswa. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam tiga siklus. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, skala sikap, catatan lapangan dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang siswa, guru, dan proses pembelajaran; observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang keterampilan berbahasa siswa, aktivitas guru dalam pembelajaran, serta aktivitas siswa dalam kerja kelompok; tes dilakukan untuk menjaring data awal kemampuan siswa sebagai dasar pembentukan kelompok; skala sikap digunakan untuk memperoleh respon siswa mengenai penerapan model pembelajaran CIRC; dan catatan lapangan dilakukan untuk memberikan gambaran proses pembelajaran yang terjadi. Untuk menghindari subjektivitas dari observer, maka dilakukan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran CIRC beserta tahap-tahapnya yang meliputi teacher presentation, team practice, independent practice, peer preassesment, additional practice dan testing serta berbagai aktivitas yang merupakan unsur-unsur dalam model pembelajaran CIRC seperti (1) saling membacakan cerita dengan teman kelompok, (2) menyimpulkan cerita, (3) mendengarkan cerita, (4) menceritakan kembali cerita yang telah dibaca dan didengar dalam bentuk lisan dan tulisan, (5) bermain drama, (6) menulis, mengedit, merevisi, dan mempublikasikan puisi dengan teman kelompok.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: language skills
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 03 May 2017 09:16
Last Modified: 03 May 2017 09:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48994

Actions (login required)

View Item View Item