EVALUASI E-LEARNING MATURITY PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA

Anggraini, Seftika and Waryanto, Nur Hadi (2017) EVALUASI E-LEARNING MATURITY PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
Prabab.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), termasuk internet, menjadi basis berkembangnya electronic learning (e-learning) yang dapat membantu pembelajaran matematika di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kematangan guru matematika dalam menerapkan pembelajaran berbasis e-learning di SMA Kota Yogyakarta dan (2) ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis e-learning SMA Kota Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk guru berdasarkan model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP) yang terdiri dari 34 pernyataan. Ketersediaan sarana dan prasarana diukur menggunakan lembar observasi yang terdiri dari 55 pernyataan yang disusun berdasarkan panduan implementasi pembelajaran berbasis TIK di SMA dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Tahun 2007 Nomor 24 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Populasi penelitian ini adalah seluruh guru matematika di 47 SMA Kota Yogyakarta dengan sampel guru matematika dari 11 SMAN Kota Yogyakarta sebanyak 54 guru matematika. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik judgemental/purposive sampling dengan pertimbangan ketersediaan sarana dan prasarana TIK di sekolah negeri memadai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor keseluruhan kematangan elearning guru matematika SMA Kota Yogyakarta sebesar 19,034 yang termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan model CIPP, diperoleh skor kematangan guru matematika: (1) aspek context sebesar 36,3, (2) aspek input sebesar 21,611, (3) aspek process sebesar 10,43, dan (4) aspek product sebesar 7,796. Untuk skor ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis e-learning memperoleh skor 16,54 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi yang berarti sarana dan prasarana pendukungnya sangat lengkap. Kata kunci: e-learning, kematangan e-learning, model evaluasi CIPP.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 17 May 2017 01:30
Last Modified: 17 May 2017 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48992

Actions (login required)

View Item View Item