PENINGKATAN MUTU GURU DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KAPITA SELEKTA KIMIA SEKOLAH LANJUTAN THE IMPROVEMENT OF TEACHER QUALITY ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS THROUGH MODELS OF TEACHING IN SELECTED TOPICS OF CHEMISTRY FOR SENIOR HIGH SCHOOL

Liliasari, - PENINGKATAN MUTU GURU DALAM KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KAPITA SELEKTA KIMIA SEKOLAH LANJUTAN THE IMPROVEMENT OF TEACHER QUALITY ON HIGHER ORDER THINKING SKILLS THROUGH MODELS OF TEACHING IN SELECTED TOPICS OF CHEMISTRY FOR SENIOR HIGH SCHOOL. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3 (8).

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN_MUTU_GURU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kualitas guru kimia perlu ditingkatkan melalui pelatihan guru in-service. Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan merupakan mata kuliah yang strategis dalam program tersebut. Model Pembelajaran Tatanama, Reaksi- reaksi Kimia dan Stoikiometri dikembangkan untuk meningkatkan kompetensi guru, terutama dalam penguasaan materi subjek. Model-model ini juga ditujukan untuk memperbaiki keterampilan berpiI9r' kritis, keterampilan proses sains dan keterampilan bertanya guru. Implementasi model melalui peneliiian tindakan kelas bagi mahasiswa yang berstatus guru kimia, menunjukkan peningkatan yang signifikan (t =1,875) dalam konsep-konsep Tatanama dan Reaksi-reaksi Kimia, tetapi tidak meningkatkan konsep Stoikiometri (t =1,154). Keterampilan bertanya mahasiswajuga meningkat dari tahap hafalan menuju pemahaman dan aplikasi (7 % ke 78 %). Kegagalan mahasiswa pada model Stoikiometri yaitu dalam memecahkan masalah, menganalisis, mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Model-model pembelajaran ini tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki mutu guru melalui program pelatihan in-service.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Users 93 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 16:26
Last Modified: 04 Sep 2012 16:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4898

Actions (login required)

View Item View Item