Dharin, Abu (2009) Kontribusi Kreativitas, Disiplin Kerja dan Pelatihan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Supervisi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Kendal. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-abu-dharin-07712259025.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar: (1) pengaruh kreativitas Kepala Madrasah (X1) terhadap kemampuan dalam melaksanakan supervisi (Y); (2) disiplin kerja Kepala Madrasah (X2) terhadap kemampuan Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi (Y); (3) pelatihan Kepala Madrasah (X3) terhadap kemampuan Kepala Madrasah dalam melaksanakan supervisi (Y); (4) kreativitas Kepala Madrasah (X1), disiplin kerja (X2) dan pelatihan (X3) Kepala Madrasah secara bersama-sama terhadap kemampuan melaksanakan supervisi (Y) se-Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Populasi penelitian adalah seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Kendal yang berjumlah 92 orang. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner, untuk menjaring data variabel X1, X2, X3 dan Y. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dengan uji F dan uji t dengan α = 0,05, sedangkan untuk pengujian persyaratan analisis dilakukan uji normalitas data melalui Test of Normality Kolmogorov- Smirnov dan Uji Linearitas data melalui Test of linearty dengan bantuan program SPSS versi 16,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara kreativitas terhadap kemampuan supervisi kepala madrasah ibtidaiyah, r = 0,497, R2 = 0,247 pada taraf signifikansi α = 0,05. Berarti 24,7% variasi skor kemampuan kepala Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan supervisi ditentukan oleh kreativitas. (2) Terdapat pengaruh positif antara disiplin kerja terhadap kemampuan supervisi kepala madrasah ibtidaiyah, r = 0,270, R2 = 0,073 pada taraf signifikansi α = 0,05. Berarti 7,3% variasi skor kemampuan kepala Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan supervisi ditentukan oleh disiplin kerja. (3) Terdapat pengaruh positif antara pelatihan terhadap kemampuan supervisi kepala madrasah ibtidaiyah, dengan r = 0,359, R2 = 0,129 pada taraf signifikansi α = 0,05. Berarti 12,9% variasi skor kemampuan kepala Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan supervisi ditentukan oleh pelatihan. (4) Terdapat pengaruh positif antara kreativitas, disiplin kerja dan pelatihan secara bersama-sama dengan kemampuan supervisi kepala madrasah ibtidaiyah. dengan r = 0,571, R2 = 0,326. berarti 32,6% variasi skor kemampuan kepala Madrasah Ibtidaiyah melaksanakan supervisi ditentukan oleh kreativitas, disiplin kerja dan pelatihan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | supervisi |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 29 Apr 2017 10:22 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48961 |
Actions (login required)
View Item |