Evaluasi Dampak Pelaksanaan Program SEQIP terhadap Proses Pembelajaran IPA Sekolah Dasar seKecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo

Riyanta, Teguh (2010) Evaluasi Dampak Pelaksanaan Program SEQIP terhadap Proses Pembelajaran IPA Sekolah Dasar seKecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-teguh-riyanta-07703254008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi perencanaan pembelajaran IPA program SEQIP, dan (2) mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran IPA program SEQIP. Subjek penelitian adalah para guru Sekolah Dasar yang pernah mengikuti pelatihan guru IPA SEQIP tahun 2006 di Kecamatan Panjatan Kulon Progo sebanyak 25 orang. Model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi berorientasi pada tujuan (goal evaluation oriented). Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah analisis dokumen dan penyebaran angket. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) IPA SEQIP sudah sesuai dengan kriteria pembelajaran IPA sehingga dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran agar lebih berkualitas. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sudah dibuat guru menunjukkan 28% kategori cukup, 68% menunjukkan kategori sesuai, dan 4% menunjukkan kategori sangat sesuai, (2) pelaksanaan pembelajaran menunjukkan 4% kategori kurang sesuai, 56% kategori cukup, 36% kategori sesuai dan 4% kategori sangat sesuai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: program SEQIP, pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2017 09:58
Last Modified: 29 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48958

Actions (login required)

View Item View Item