Persepsi Siswa Tentang Keefektifan Pelaksanaan Pembelajaran Tambahan (Les) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bantul

Sumarna, Sumarna (2009) Persepsi Siswa Tentang Keefektifan Pelaksanaan Pembelajaran Tambahan (Les) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sumarna-027325146.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan pembelajaran tambahan (les) di MAN kabupaten Bantul ditinjau dari sisi (1) konteks, (2) input, (3) proses dan (4) produk/hasil. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah selaku penanggung jawab program les, wakil kepala urusan kurikulum selaku koordinator, panitia pelaksana, guru pengajar les dan siswa peserta les sebanyak 526 siswa yang sebagian besar diberi kuesioner secara individual. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian gabungan antara kualitatif deskriptif dengan kuantitatif, dengan menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam untuk mengevaluasi data. Hasil penelitian menunjukkan dari sisi (1) variabel konteks : organisasi pelaksana/manajemen program les sudah terstruktur, relevansi program les sangat relevan dengan dengan kebutuhan siswa, dan secara keseluruhan variabel konteks ini mempunyai tingkat keefektifan yang tinggi (2) variabel input : karakteristik peserta les sesuai dengan tujuan kegiatan, manajemen kurikulum telah diterapkan rencana program, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan program evaluasinya namun faktor sarana prasarana tidak disiapkan secara khusus. Berdasarkan penilaian responden variabel input mempunyai tingkat keefektifan yang rendah, (3) variabel proses : tingkat partisipasi siswa pada awal program tinggi namun mengalami penurunan selama kegiatan les karena berbagai pengaruh lingkungan internal maupun eksternal siswa, kualitas pelaksanaan les diupayakan dengan sistem perencanaan terprogram. Pada umumnya variabel proses ini mempunyai tingkat keefektifan yang cukup, serta (4) aspek hasil kemanfaatan program bagi siswa memberikan penyegaran materi, memperoleh dan mengetahui tipe soal untuk dipecahkan bersama, hasil kelulusan tingkat pencapaian kelulusan siswa tinggi. Berdasarkan penilaian responden variabel produk ini mempunyai tingkat keefektifan yang tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tambahan
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2017 09:28
Last Modified: 29 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48956

Actions (login required)

View Item View Item