KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, KETERAMPILAN SOSIAL, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA

Abidaturrosyidah, Abiddaturrosyidah and Dwisiwi, Rahayu (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN FISIKA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI, KETERAMPILAN SOSIAL, DAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abidaturrosyidah_13302241063_Pendidikan Fisika 2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pembelajaran fisika model cooperative learning tipe Jigsaw dan pembelajaran konvensional ditinjau dari penguasaan materi, keterampilan sosial, dan sikap kerjasama peserta didik, serta mengetahui model yang lebih efektif diantara kedua model tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran model cooperative learning tipe Jigsaw dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran seperti yang biasa dilaksanakan di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMAN 4 Magelang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, angket, dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan analisis MANOVA, effect size dan General Linear Model– mixed design untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat perbedaan penguasaan materi pembelajaran Fisika peserta didik dengan model pembelajaran konvensional dan dengan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw, sehingga 2) model pembelajaran fisika cooperative tipe Jigsaw tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan keterampilan sosial peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan yang menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw dengan effect size dalam kategori sedang, 4) model pembelajaran fisika cooperative tipe Jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan sosial peserta didik, 5) terdapat perbedaan sikap kerjasama antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan yang menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw dengan effect size dalam kategori tinggi, 6) model pembelajaran fisika cooperative tipe Jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional ditinjau dari sikap kerjasama peserta didik Kata kunci: cooperative learning, Jigsaw, keterampilan sosial, pembelajaran fisika SMA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 12 May 2017 03:16
Last Modified: 30 Jan 2019 14:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48954

Actions (login required)

View Item View Item