Mitakhur, Rokhim (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK PEMESINAN BUBUT DI SMK N 2 WONOSARI DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
13503241052_MIFTAKHUR ROKHIM.pdf Download (42MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran implementasi pembelajaran praktik pemesinan bubut, (2) hasil pembelajaran dengan sistem rollingdi SMK N 2 Wonosari, (3) hasil pembelajaran dengan sistem fulldi SMK Muhammadiyah 1 Playen, (4) faktor penghambat proses pembelajaran praktik pemesinan bubut, (5) faktor keberhasilan proses pembelajaran praktik pemesinan bubut, (6) mengetahui ada tidaknya perbedaan implementasi pembelajaran di SMK N 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Jurusan TP kelas XI SMK N 2 Wonosari, kelas XI SMK Muhammadiyah, dan guru. Sampel SMK N 2 Wonosari berjumlah 76 siswa dan SMK Muhammadiyah 1 Playen berjumlah 56 siswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah (1) implementasi pembelajaran praktik pemesinan bubut di SMK N 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen sangat baik dan perlu dipertahankan, (2) hasil pembelajaran dengan sistemrollingdi SMK N 2 Wonosari 100% siswa diatas KKM (3) hasil pembelajaran dengan sistem fulldi SMK Muhammadiyah 1 Playen 92,65% siswa diatas KKM (4) faktor penghambat proses pembelajaran pemesinan bubut di SMK N 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen yaitu: jumlah mesin bubut kurang ideal, kurang memperhatikan K3, kurangnya waktu praktik, jumlah peralatan yang kurang, praktik pemesinan bubut digabung dengan praktik pemesinan lain, WP dan laporan praktik dikerjakan di akhir semester, (5) faktor keberhasilan proses pembelajaran praktik pemesinan bubut di SMK N 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen yaitu peralatan pendukung praktik cukup memadai, guru yang profesional dan berpengalaman, kelengkapan pembelajaran yang telah dipersiapkan, guru proaktif ketika praktik, guru terbuka dalam menilai hasil kerja siswa, (6) perbedaan implementasi pembelajaran di SMK N 2 Wonosari dan SMK Muhammadiyah 1 Playen yaitu: sistem pelaksanaan praktik, pemberian motivasi dan apersepsi oleh guru, pembuatan dan pengumpulan Work Preparationdan laporan praktik. Kata kunci: implementasi, pembelajaran praktik, pemesinan bubut
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 12 May 2017 03:35 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 14:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48947 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |