Manajemen Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA) dalam Memahami Al-quran di Taman Pendidikan Al-Quran Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta

Martteh, Santi (2009) Manajemen Ta’limul Quran Lil Aulad (TQA) dalam Memahami Al-quran di Taman Pendidikan Al-Quran Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-santi-martteh-07703251024.swf

Download (879kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang manajemen Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) dan apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat di Taman Pendidikan Al-quran Nurul Ummah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggaraan TQA Nurul Ummah sebanyak 15 orang yang terdiri dari para ustad dan ustazah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik content analysis dengan trianggulasi untuk keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan dilakukan di awal tahun pembelajaran yaitu pada awal bulan Syawal dengan membuat program kerja yang dirapatkan bersama antara pengelola dan ustad dan ustazah. Perencanaan difokuskan pada manajemen organisasi dan metode pengajaran; (2) pengorganisasian dilakukan oleh Pengelola TPQ bersama para ustad/ustazah, santri dan para wali santri. Pengorganisasian dilakukan setiap hari pembelajaran yaitu dari hari Senin sampai Sabtu dengan cara merekrut santri dan pengurus Nurul Ummah berdasarkan beberapa pertimbangan baik dari santri, pengurus maupun wali santri; (3) Pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan perencanaan awal ajaran baru yaitu mulai bulan Syawal hingga bulan Ramadhan sesuai dengan tahun ajaran selama 6 (enam) hari dalam seminggu; (4) Evaluasi dilakukan antara pengelola dan para ustad sebagai tindakan dengan mengadakan rapat bersama. Evaluasi melalui rapat dilakukan setelah 1 bulan pelaksanaan. Evaluasi untuk para ustad dilaksanakan tiap-tiap minggu sekali dan untuk pengelola tergantung dengan kebutuhan atau acara yang mendesak; (5) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan manajemen Ta’limul Qur’an lil Aulad di antaranya adalah tingginya minat santri dan orang tua terhadap keinginan untuk memahami Alquran, terbukti masih banyak yang ingin belajar di TPQ, sarana, prasarana, kepengelolaan dan SDM pengelola dan pengajar lebih unggul karena berbasis pesantren tersedianya buku-buku pengangan santri yang mendukung dalam memahami Alquran dan tersedianya waktu luang santri, dan adanya biaya dari orang tua atau wali santri; (6) Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan manajemen Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) adalah kemampuan dasar santri tentang bacaan Alquran yang belum lancar, kurangnya kesadaran wali santri dalam memberikan peringatan dan evaluasi putra-putrinya sehingga anak kurang persiapan saat belajar di TPQ, ketidakefektifan dan keseriusan santri dalam mengikuti pendidikan dan pengajaran, peran orang tua yang belum sungguh-sungguh dalam menyikapi ketidakefektifan dan keseriusan santri dalam mengikuti pendidikan dan pengajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Taman Pendidikan Al Qur'an
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:38
Last Modified: 28 Apr 2017 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48946

Actions (login required)

View Item View Item